SAPU BERSIH VIRUS DI HANDPHONE


virus20hp.jpgTIPS CARA AMPUH MEBERSIHKAN VIRUS DI HP
CARA MENGHAPUS VIRUS DI HAPE
CARA SCAN VIRUS HP & JENIS VIRUS YANG SERING MASUK PADA HANDPHONE ANDA
Ancaman virus yang melanda Handphone dan perangkat bergerak lainnya makin melonjak. Akibatnya pun kadang sangat merisaukan, misalnya hilangnya data atau pengiriman layanan pesan singkat (short message service/SMS) massal yang tak dikehendaki sehingga pulsa pun jebol.

Berikut beberapa tips okemobiles untuk mencegah datangnya virus ke ponsel Anda, yang disampaikan oleh Australian Mobile Telecommunications Association (AMTA).


symbianos-virus-skulls-sk.jpg 1. Pastikan Bluetooth dalam Kondisi Hidden Mode

Jika ponsel Anda dilengkapi Bluetooth, pastikan fitur ini berada dalam kondisi hidden mode atau invisible untuk mencegah perangkat Bluetooth orang lain mendeteksi perangkat Anda kecuali memang Anda menghendakinya. Selain itu, matikan Bluetooth jika tidak terpakai. Langkah ini akan cukup melindungi ponsel dari serangan virus yang menyebar melalui Bluetooth.

2. Hati-hati Saat Menerima Kiriman Asing

Ketika menerima aplikasi yang dikirim via Bluetooth atau membuka attachment MMS, berhati-hatilah dari kemungkinan adanya program jahat. Pastikan kiriman itu berasal dari sumber terpercaya. Bahkan jikalaupun kiriman itu berasal dari teman, lebih baik Anda tak membukanya dan menghapusnya jika terdapat konten yang tidak familiar.

3. Download dari Sumber Terpercaya

Pastikan juga selalu men-download konten dari sumber resmi yang terpercaya sehingga ancaman virus bisa tereliminir. Namun hati-hatilah karena bisa jadi kaum kriminal mampu mengkreasi sumber download yang kelihatan terpercaya meskipun sejatinya adalah gudang virus.

4. Pakai Anti Virus

Beberapa software khusus telah ditawarkan untuk menjaga ponsel Anda dari ancaman virus. Pakailah jika Anda merasa memerlukannya.

5. Hubungi Produsen Ponsel Anda


JENIS VIRUS HAPE
Jika Anda menduga ponsel Anda telah terinfeksi virus, segera kontak produsen ponsel Anda untuk mengambil langkah yang tepat dalam menghindari kerusakan.
 hai sobat, seperti janji saya sebelumnya, pada postingan kali ini akan membahas tentang macam-macam virus handphone. Tidak semua akan dijabarkan, hanya beberapa saja yang saya anggap familiar di kalangan pengguna handphone. Berikut kita simak :
  1. Worm atau cacing adalah virus yang bertempat tinggal pada memori ponsel yang aktif dan bisa menduplikasi dengan sendirinya. Worm menyebar ke ponsel lain melalui email, chatting, LAN, dan Bluetooth. Contoh Virus jenis worm ini adalah Cabir. Cabir menyebar melalui koneksi Bluetooth dan masuk ke dalam ponsel melalui inbox. Saat kita mengklik file sis tersebut dan menginstallnya , Cabir mulai mencari mangsa baru ponsel dengan akses Bluetooth terbuka untuk menginfeksinya. Nama lain dari Cabir adalah SymbOS/Cabir.A, atau bisa juga dinamai Cabir.A,Worm atau bisa juga disebut virus Caribe. Cabir akan mengaktifkan Bluetooth secara periodik sekitar 15-20 menit sekali. Tidak ada kerusakan file yang terjadi apabila ponsel kita terkena virus ini maka baterai akan cepat habis untuk mencari perangkat Bluetooth lainnya. Untuk mencegahnya yang dapat kita lakukan adalah matikan fitur Bluetooth pada ponsel kita dan kita hanya mengaktifkan kalau dibutuhan saja.
  2. Selain Cabir salah satu jenis virus worm lainnya adalah Commwarrior yang menyebar melalui MMS dan koneksi Bluetooth. Setiap tanggal 14, ponsel akan me Reset dengan sendirinya. Nama lain dari Commwarrior antara lain adalah SymbOS/commwarrior.a . Commwarrior menyebar dengan cara mengirim file yang menarik ke ponsel kita. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan tidak menggunakan Bluetooth secara sembarangan dan jangan menerima file yang tidak diketahui asal-usulnya.
  3. Trojan Horse adalah suatu program jahat yang berpura-pura ramah. Trojan dapat merusak program pada ponsel. Trojan tidak dapat menduplikasi dirinya seperti worm. Salah satu jenis dari Trojan adalah Skulls dengan nama lengkap SymbOS.skulls. Nama lain dari virus ini adalah SKULLS.A. Skulls akan mengganti sistem di dalam ponsel dan menyebabkan ikon menu utama berubah menjadi gambar tengkorak. Tidak hanya gambar yang diubah, Skulls juga akan melumpuhkan aplikasi yang ikonnya tadi diubah. Jadi pada saat kita memencet ikon dari aplikasi tersebut, maka akan muncul pesan sistem eror. Terdapat tiga jenis skulls yaitu Skulls A, Skulls C, dan Skulls H. Cara mencegahvirus ini adalah dengan menolak menginstall aplikasi ini dan selalu menutup koneksi Bluetooth saat tidak dibutuhkan
  4. Salah satu jenis virus Trojan lainnya adalah Doomboot. Virus yang bernama lengkap SymbOS.Doomboot.A.. Cara kerja dari virus ini adalah dengan membuat file korup dan setelah ponsel terinfeksi maka virus lannya akan ditempatkan dalam ponsel kita. File yang korup tadi akan membuat ponsel tidak dapat melakukan booting. Virus ini masuk ke dalam ponsel dengan seakan-akan menyerupai game Doom versi symbian. Virus ini sangat pandai menyaru, karena setelah ponsel terinfeksi, tidak ada tanda apapun bahwa ponsel telah terinfeksi virus. Virus ini juga secara otomatis akan menyebar melalui Bluetooth dan mengakibatkan konsumsi baterai ponsel menjadi berlebihan sehingga baterai cepat habis. . Doomboot akan membuat ponsel tidak dapat melakukan booting saat kita memmatikan ponsel dan menyalakan kembali.
    Bukan hanya komputer yang bisa terkena virus. Bagi anda pemakai hp ber OS Symbian berhati-hatilah karena hp anda bisa juga terkena virus. Virus pada hp ini layaknya virus pada komputer yang bisa menyerang sistem dari hp anda. Dan pada akhirnya bisa membuat anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk memperbaiki hp anda. Berikut nama virus yang sering menyerang hp ber OS Symbian.

    1. Cabir.A
    Ditemukan juni 2004
    Target : Ponsel Symbian seri 60
    Penyebaran Via: Bluetooth
    Kerusakan yang di timbulkan tidak ada

    2. Skulls.A
    Ditemukan November 2004
    Target : Ponsel Symbian seri 60
    Penyebaran Via: Internet
    Kerusakan yang di timbulkan  ponsel tidak dapat digunakan lagi kecuali untuk menerima dan melakukan panggilan.

    3. Commwarrior.A/B/C/D/E
    Ditemukan Januari 2005
    Target : Ponsel Symbian seri 60
    Penyebaran Via: Bluetooth dan MMS
    Kerusakan yang di timbulkan  ponsel mengirimkan replikasi virus melalui MMS dengan kapasitas yang besar ke seluruh kontak yang ada dalam phonebook, sehingga membuat boros pulsa pemiliknya, virus ini banyak variantya.

    4. Locknut.B
    Ditemukan maret 2005
    Target : Ponsel Symbian seri 60
    Penyebaran Via: Internet download
    Kerusakan yang di timbulkan :mambuat system ponsel cras: Ponsel tidak dapat lagi digunakan, penyebaran virus ke sesama ponsel .

    5. Fontal.A
    Ditemukan maret 2005
    Target : Ponsel Symbian seri 60
    Penyebaran Via: Internet download
    Kerusakan yang di timbulkan :mengunci ponsel dal
    am modul startup sampai membuat ponsel tidak lagi berfungsi.

    6.Trojan.
    Virus satu ini mampu melumpuhkan perangkat ponsel kita hingga fungsi-fungsi dasarnya sampai fungsinya hilang. Program ini menyamar menjadi patch(file tambahan) dengan nama 
    gavno.a dan gav.b.
    Penyebaran:
    Trojan bisa menyebar ke perangkat ponsel lainnya melalui koneksi Bluetooth
    Target:
    Ponsel yang berjalan di Symbian S60 v2

    7.Lasco.
    Tanda-tanda adanya Virus lasco di ponsel yakni melampirkan dirinya pada file aplikasi apa saja di ponsel symbian.
    Penyebaran:
    Salah satu penyebaran virus ini yakni melalui koneksi bluetooth.
    Target:
    Ponsel yang berjalan di Symbian OS

    8. RommWar.
    Virus ini mengakibatkan handphone tidak dapat melakukan booting ketika dinyalakan, sering merestart sendiri, mematikan fungsi tombol power, dan mencegah handphone untuk menyala. Dan jika instalasi berjalan, pada tampilan layar akan menampilkan pesan “Install Stoper by WarriorMarrior”.
    Penyebaran:
    Virus ini bisa menyebar melalui 3 cara, meliputi, Bluetooth, MMS, dan juga Internet.
    Target:
    Ponsel yang berjalan di Symbian S60

    9.CardTrap.
    CardTrap menyebabkan beberapa aplikasi penting di ponsel menjadi malfungsi, terjadi beberapa kekacauan sistem, dan pastinya merusak fungsi beberapa tombol. Virus ini bisa menyerang ponsel yang berjalan di Symbian atau WinMo.
    Penyebaran:
    Penyebaran virus mematikan ini melalui Memory Card. Jika memory card yang digunakan di ponsel terhubung di komputer yang terkena virus, maka secara otomtais memory card akan membawa virus dari komputer ke ponsel.
    Target:
    Ponsel yang berjalan di Symbian S60 serta ponsel berbasis WinMo.

    10.PBStealer.
    Akibat virus ini beberapa hal akan dilakukan di ponsel seperti mengeksploitasi nomor kontak, daftar agenda, database dan notepad. Virus ini yakni mengopy data semisal kontak atau yang lainnya ke perangkat lain melalui bluetooth. Sekilas virus ini memang tidak terlalu berbahaya, namun data yang disalin ke ponsel lain bisa digunakan untuk tujuan kriminal.
    Penyebaran:
    Hanya dengan koneksitifitas Bluetooth, ponsel ini bisa menyebarkan virus ke ponsel lainnya yang Bluetoothnya masih aktif.
    Target:
    Ponsel yang berjalan di Symbian S60

    11. AppDisabler.
    Tersebar melalui bluetooth dan MMS. Ini merupakan salah satu virus yang paling berbahaya dibandingkan dengan virus ponsel diatas. Bisa dibilang virus ini merupakan gabungan antara virus-virus diatas. Jika ponsel anda terkena virus ini, sudah dipastikan ponselnya sudah tidak bisa digunakan lagi.
    Penyebaran:
    Kini Anda harus berhati-hati jika mengaktifkan Bluetooth, dan juga berhati-htilah ketika membuka sebuah MMS karena virus ini menyebar melalui 2 cara tadi.
    Target:
    Ponsel yang berjalan di Symbian OS.

    12. Doomboot
    Ditemukan: -
    Nama alias: Doom_2_wad_kracked_by_DFT_S60_v.1.0.sis (menyamar sebagai mobile games Doom 2), exoVirusStopv2.13.19(menyamar sebagai program antivirus)
    Target: Symbian S60
    Tersebar melalui: Bluetooth
    Kerusakan: Membuat file corrupted, mencegah reboot ponsel, jika berhasil reboot maka harus melakukkan hard-reset.

    Doomboot termasuk jenis virus Trojan. Banyak varian yang telah ditemukan, seperti Doomboot A, C, L, F, G, dan P. Doomboot A membuat file corrupted, dan setelah menjangkiti suatu file, ia akan menempatkan virus lain seperti CommWarrior.B ke dalam ponsel. File yang rusak akan mencegah ponsel untuk menjalankan rebooting. Selain itu, virus ini juga menyebabkan baterai akan cepat habis karena terus menerus menggunakan koneksi Bluetooth.
 

DAFTAR PENGUNJUNG

  © Sebuah nama sebuah cerita the shandinews by avast brazha musthy 2011

Kembali Ke : ATAS